fakta Menarik Pohon Kayu Trembesi Yang Perlu Anda Ketahui

Nama pohon ini adalah Trembesi. Juga sering disebut pohon hujan, atau disebut Kihujan Sunda. Nama ilmiahnya adalah Samanea Saman atau Albizia Saman.
Pohon ini sangat istimewa karena dipercaya memiliki manfaat lingkungan yang besar. Diyakini mampu mengurangi dampak pemanasan global yang mengancam bumi.
Dengan demikian, kampanye telah dipromosikan dalam beberapa tahun terakhir oleh pertahanan Trembesi dan bahkan gerakan nasional.

Fitur Trembesi yang paling mudah dikenali adalah kanopi besar. Pohon ini sangat awet dan bisa berumur ratusan tahun. Tutup kepala ini sering menghambat pertumbuhan pohon lain di bawahnya.
Bagian atap bisa mencapai 30 meter. Ketika kita duduk, kita akan merasa baik. Namun, cakupan yang luas dapat menurunkan suhu mikro hingga 3-4 derajat Celcius.
Jadi pohon ini banyak ditanam sebagai bayangan. Di gedung negara yang sama adalah dua pohon Trembesi, yang ditanam oleh presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno masih terpelihara dengan baik.

Manfaat lain dari pohon ini selain dedaunannya adalah kemampuannya menyerap karbon dioksida (CO2) hingga 28,5 ton per tahun, seperti hasil dari Dr. Ing. End N Dahlan, Dosen di Fakultas Ilmu Hutan, Universitas Bogor.

Baca juga Pohon Kepuh – Sarang Genderuwo, yang memiliki sifat obat

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Trembesi dapat menghasilkan 0,6 ton oksigen (O2) per hektar lahan untuk memenuhi kebutuhan oksigen 1.550 orang per hari.

TREMBESE POOT ROOTS
Meskipun Trembesi memiliki beberapa manfaat, itu tidak ramah bagi manusia. Itu akarnya.
Akar Trembesi menyebar dalam dimensi besar dan besar, sering menyebabkan kerusakan pada bangunan atau jalan yang berada dalam posisi tumbuh.

Ini menjadikannya sebagai tempat berteduh di daerah perkotaan yang tidak sepopuler tanaman lain seperti mahoni, angsana atau tanjung. Ini hanya cocok untuk ditanam di taman atau halaman besar.
Jaringan akar yang luas ini dapat menyerap banyak air tanah. Ini adalah alat manajemen banjir yang sangat baik yang dapat menyimpan 900 meter kubik air tanah per tahun dan mengangkut 4000 liter air per hari.

Akarnya juga bisa bersimbiosis dengan bakteri Rhizobium untuk mengikat 78% nitrogen dalam kandungan nitrogen di udara.

Distribusi Kayu Trembesi
Trembesi diyakini berasal dari Meksiko, Peru, dan Brasil, tetapi sekarang telah menyebar ke seluruh wilayah tropis, termasuk Indonesia. Awalnya, pohon ini hanya ditemukan di sabana, daerah dengan tingkat air yang sangat rendah. Dalam bahasa Inggris, pohon ini memiliki beberapa nama seperti East Indian Walnut, Rain Tree, Saman Tree, Acacia Preta dan False Powder Puff.
Di beberapa negara ini mereka disebut Algarrobo (Kuba), Bhagaya Mara (Kanada), Campano (Kolombia), Regenbaum (Jerman), Chorona (Portugis), Pukul Lima (Malaysia), Cay Mura (Vietnam), Jamjuree (Thailand), Vilaiti Siris (India). Di Indonesia, tanaman pohon ini sering disebut Kayu Ambon (Melayu), Munggur, Punggur, Meh (Jawa), Kihujan (Sunda).

Karakteristik Kayu Trembesi
Diketahui bahwa Trembesi dapat bertahan hidup di daerah pinggiran dan daerah kritis seperti pertambangan. Ini juga tahan tanah sangat asam. Pohon Trembesi memiliki batang bundar yang besar. Tingginya antara 10-20 meter. Permukaan batang berwarna hitam-cokelat, beralur dan kasar. Daunnya dua kali lipat daun berbulu.

kayu suar daun memiliki bentuk bulat memanjang. Panjangnya antara 2-6 cm dan lebar 1-4 cm. Margin daun pipih. Warnanya hijau dengan permukaan licin dan tulang daun berbulu. Pohon-pohon Trembesi yang besar mudah dikenali oleh karakteristik dedaunan yang membentuk payung. Tidak heran kalau pohon ini juga disebut payung alami. Kepala Trembesi menjadi lebih lebar dari ketinggian pohon.

Trembesi memiliki bunga merah kekuningan. Buahnya berwarna hitam dalam bentuk wafel. Panjangnya bervariasi antara 30 dan 40 cm. Ada beberapa biji kehitaman keras di buah ini. Bentuknya oval dengan panjang sekitar 5 mm.

Keunggulan Dari Pohon Kayu Trembesi
Secara umum, Trembesi digunakan sebagai pohon peneduh di halaman yang luas. Perum Perhutani sangat berguna baginya sebagai tempat berlindung di blok halaman. Selain fungsi bayangannya, Trembesi menawarkan lebih banyak manfaat. Batangnya bisa digunakan sebagai bahan bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *